Syarat & Ketentuan



Dalam meningkatkan sinergitas antara TNI/Polri dengan masyarakat melalui Komando Run 3 Tahun 2023, dengan menjadikan event sebagai kegiatan olahraga yang dapat menjadi media promosi kopassus untuk lebih dekat dengan masyarakat sekaligus memajukan cabang olahraga lari di Indonesia.

Dalam memperingati HUT Ke-71 Kopassus diarahkan untuk menyelenggarakan Komando Run 3. Danjen berharap seluruh masyarakat, Atlet, Para Pelajar & Instansi TNI/Polri dapat memeriahkan HUT Ke-71 Kopassus ini dan berpartisipasi pada kompetisi ini.



  1. Wajib mengisi data diri sesuai dengan KTP.
  2. Kategori Umum dapat diikuti oleh peserta yang berusia mulai dari 15 tahun.
  3. Kategori Master dapat diikuti oleh peserta berusia 45 tahun ke atas.
  4. Ketepatan usia akan dilihat di hari pelaksanaan.
  5. Peserta wajib menyelesaikan pembayaran sesuai dengan harga kategori yang dipilih sampai status pembayaran menunjukkan settlement dan menerima email konfirmasi pendaftaran pada email maksimal 1x24 jam setelah registrasi dilakukan (jika peserta tidak mendapatkan email mohon cek pada folder spam/junk/promosi atau dapat menghubungi nomor admin untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut).
  6. Jika proses pembayaran terputus atau peserta tidak sengaja menutup pop-up payment, peserta dapat mengulang kembali proses registrasi sampai berhasil.
  7. Untuk 1 akun (email) hanya diperbolehkan mendaftarkan 1 peserta.
  8. Peserta hanya dapat diperbolehkan mendaftar untuk 1 kategori.
  9. Peserta wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dan sudah melakukan booster atau vaksin ke-3.


  1. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dengan data yang benar sesuai dengan identitas resmi, serta tidak diperbolehkan menggunakan nama inisial.
  2. Data registrasi yang diisi oleh peserta seperti nama, kategori, lomba, gender, ukuran kaos tidak dapat diubah atau diganti setelah proses registrasi selesai dilakukan.
  3. Pihak penyelenggara berhak untuk menutup atau memperpanjang periode pendaftaran sebelum dan melebihi batas waktu yang telah ditentukan dengan dan/atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu apabila kapasitas peserta dianggap telah mencukupi.
  4. Peserta wajib mematuhi semua tata tertib berolahraga di masa new normal dan semua petunjuk serta pedoman yang diberikan oleh pihak penyelenggara.
  5. Dengan mendaftar, peserta dianggap menyetujui segala aturan dan peraturan yang disusun oleh pihak penyelenggara.
  6. Peraturan yang berlaku adalah sah dan berlaku sesuai dengan ketentuan International Association of Athletics Federation (IAAF) dan Indonesia Athletic Association (PASI).
  7. Pihak penyelenggara berhak untuk menggunakan foto ataupun video keikutsertaan peserta event ini tanpa ikatan batas waktu.
  8. Pihak penyelenggara berhak melakukan perubahan atau penyesuaian penyelenggaraan event terkait dengan kondisi terbaru dari penanganan covid di Indonesia atau anjuran pemerintah saat event berlangsung.
  9. Peserta bertanggung jawab penuh dan tidak berhak menuntut atas segala bentuk cedera tubuh, kematian atau kerusakan properti yang ditimbulkan atas partisipasi mereka di acara ini.
  10. Keselamatan dan keamanan barang individu selama mengikuti event ini merupakan tanggung jawab peserta dan pihak penyelenggara tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang dalam bentuk apapun.
  11. Peserta tidak diperbolehkan menitipkan barang berharga pada tenda penitipan barang yang disediakan pihak penyelenggara.
  12. Hewan, sepeda, in-line skate, kereta bayi, kereta dorong, sepatu dengan rol built-in atau alat bantu beroda lainnya tidak diperkenankan berada pada rute.
  13. Peserta akan menjunjung tinggi sportifitas selama kegiatan berlangsung dan berjanji untuk tidak akan melakukan perbuatan yang merugikan peserta lain.


  1. RACEPACK
    1. Racepack dapat diambil pada Tanggal 1-2 Juni 2023 di *TBC
    2. Peserta wajib menggunakan kaos/jersey/kostum yang telah disediakan oleh panitia, dengan gaya sopan dan tidak mengandung unsur SARA.
    3. Peserta wajib menggunakan nomor BIB (nomor dada) di bagian depan baju peserta, serta tidak diperbolehkan memasang ditempat selain dada agar dapat terlihat dengan baik oleh panitia yang bertugas.
    4. Dilarang membengkokkan, merobek, atau melakukan hal lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada chip dikarenakan akan beresiko menyebabkan kehilangan personal result peserta.

  2. PERATURAN PERLOMBAAN
    1. Peserta yang dinyatakan sebagai pemenang adalah peserta yang menyelesaikan pertandingan dengan catatan waktu terbaik, sesuai dengan kategori perlombaan, mengenakan nomor dada sesuai dengan data diri pada saat mendaftar dan tidak melakukan kecurangan apapun.
    2. Peserta yang dinyatakan sebagai pemenang adalah peserta yang berhasil menyelesaikan pertandingan sesuai dengan ketentuan COT sebagai berikut:
      5K : 1 Jam
      10K : 2 Jam
      21K : 4 Jam
      71K : 12 Jam
    3. Peserta yang akan mendapatkan podium adalah kategori 5K, 10K, 21K, 71K.
    4. Peserta kategori Master berkesempatan menjadi juara podium kategori Umum jika waktu finishnya lebih cepat dari peserta kategori Umum lainnya.
    5. Pada Jarak 71K terdapat kategori individu & relay yang diantaranya :
      Individu
      Relay 2 PA
      Relay 2 PI
      Relay 2 Mix (PA dan PI)
    6. Ketentuan Perlombaan pada jarak 71K pada kategori relay dilakukan dengan pembagian perpeserta dengan jarak tempuh yaitu 46k (2x looping) dan 23k (1x looping)
    7. Peserta yang akan mendapatkan podium adalah kategori 5K, 10K, 21K, 71K.
    8. Peserta kategori Master berkesempatan menjadi juara podium kategori Umum jika waktu finishnya lebih cepat dari peserta kategori Umum lainnya.
    9. Pihak Penyelenggara berhak untuk mendiskualifikasi atau mengecualikan peserta (dari segala kompetisi) dan biaya pendaftaran dianggap hangus apabila terbukti telah memberikan data dan informasi yang tidak benar.
    10. Peserta yang menyelesaikan pertandingan di luar ketentuan di atas, dianggap gugur dan tidak berhak mendapatkan medali/hadiah.
    11. Peserta yang memulai lomba sebelum lomba resmi dimulai akan didiskualifikasi.
    12. Peserta yang tidak mengikuti peraturan lainnya yang telah ditetapkan oleh pihak Penyelenggara akan didiskualifikasi.
    13. Keputusan juri terkait penentuan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
    14. Protes secara verbal dapat dilakukan, serta diikuti dengan protes secara tertulis dalam waktu 1 jam setelah peserta finish.
    15. Surat protes dilampirkan dengan bukti serta ditandatangani menggunakan materai. Biaya protes sebesar Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah).
    16. Apabila keputusan awal juri terbukti benar, biaya protes peserta dianggap hangus.


  1. Peserta disarankan menggunakan jersey yang telah disediakan oleh panitia.
  2. Nomor BIB merupakan nomor dada yang telah ditentukan oleh panitia.
  3. Pendaftaran dan nomor dada peserta tidak dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan kepada pihak lain.
  4. Menjual atau mengalihkan nomor dada peserta kepada orang lain akan menyebabkan diskualifikasi dan/atau larangan setiap individu yang terlibat dalam acara berikutnya.
  5. Dilarang membengkokkan, merobek, atau melakukan hal lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada chip dan menyebabkan kehilangan personal result Anda.


  1. Seluruh finisher berhak mendapatkan medali.
  2. Pihak penyelenggara memiliki hak untuk membatalkan, mengubah, atau mengganti, segala hadiah sewaktu-waktu dengan atau tanpa melakukan pemberitahuan kepada peserta.
  3. Panitia berhak memproses & memberikan hadiah dengan jangka waktu yg ditetapkan oleh panitia. Hadiah tidak dapat ditukar atau diganti.
  4. Rincian hadiah dapat dilihat disini.
  5. Pengambilan hadiah tidak dapat diwakilkan atau dipindahtangankan dan wajib untuk menunjukkan identitas asli sesuai dengan data registrasi.
  6. Hadiah yang sudah diterima tidak dapat ditukar, dan kerusakan barang diluar tanggung jawab panitia.
  7. Keputusan pemenang oleh dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  8. Panitia berhak memberikan hadiah dalam bentuk apapun (cash, transfer) dengan jangka waktu yang ditetapkan oleh panitia.


  1. Bagi peserta yang memiliki penyakit bawaan, wajib untuk membawa obat-obatan pribadi (contoh: inhaler).
  2. Keselamatan peserta selama acara berlangsung adalah tanggung jawab masing-masing peserta.
  3. Panitia hanya bertanggung jawab untuk memberikan penanganan pertama atau P3K dan mengantarkan pada rumah sakit terdekat, apabila terjadi cedera/kecelakaan pada saat pertandingan berlangsung.
  4. Peserta yang membutuhkan pertolongan lebih lanjut (intensif) ketika terjadi cedera merupakan tanggung jawab peserta yang bersangkutan.
  5. Segala hal yang berkaitan dengan anak (khususnya cedera/kecelakaan anak) adalah tanggung jawab orang tua masing-masing.
  6. Peserta menyetujui, mengetahui dan mengerti akan adanya risiko dan bahaya yang muncul dari keikutsertaan dalam pertandingan dan untuk tidak berhak menuntut kepada pihak penyelenggara atas segala kejadian yang dapat menyebabkan cedera tubuh, cacat tubuh atau kematian.


  1. PENITIPAN BARANG
    1. Panitia hanya melayani penitipan barang pada pukul 05.00 sampai dengan 09.00 WIB.
    2. Peserta tidak diperbolehkan menitipkan barang berharga pada tenda penitipan barang yang disediakan pihak penyelenggara.
    3. Peserta yang ingin menitipkan/mengambil barang pada counter baggage collection wajib menunjukkan BIB kepada petugas dan mengisi form penitipan barang yang telah disediakan.
    4. Peserta menyetujui, mengetahui dan mengerti bahwa pihak penyelenggara tidak bertanggung jawab atas barang-barang pribadi atau properti yang hilang, rusak atau dicuri selama acara berlangsung.